Get This Home Alien Profile Alien Sobat Alien ArtWork Youth Tutorial Tanda tanya Contact SiAlien Get This.

Friday 28 September 2012

Membuat Lensa Fish Eye ekonomis


Fish Eye !! Mungkin bagi kalian hobi potret-potret nih, pasti tahu apa itu Fish Eye . Tapi bagi belum tahu jangan khawatir, ini ada ulasan dikit tentang Mata ikan (Fish Eye). Kamera atau Lensa Fish Eye itu adalah  tuch lensa yang bisa bikin gambar jadi terlihat cembung.

Gambar yang dihasilkan sih emang keren. Tapi harga lensa atau kameranya lumayan mahal hahaha.... Buatkalian yang masih pelajar emang kudu nabung dulu buat beli. So, gimana dong biar punya hasil jepretan ala Fish Eye yang keren tanpa harus merogo kocek dalam-dalam beroo.

Tapi tenang, aku punya tipsnya beroo. Sewaktu browsing gw dapat ilham cara buatnya yang ekonomis hahaha.... Cekidot beroo.... Nyooo....!!


Pertama-tama siapkan dulu BAHAN-nya :

1. (Peephole) Lubang intip yang biasa dipakai di pintu hotel. Kalian cari saja di toko-toko bangunan, harganya mungkin kisaran 20 ribu - 50 ribuan kalu gak salah. seperti ini gambarnya


2. Foam / Spon yang biasa untuk sepatu atau jok mobil. gambarnya seperti ini


3. Double tape
4. Gunting
5. Selotip / atau sejenisnya

OK next, sekarang cara pembuatannya


1. Ukur panjang badan lubang intip itu. Gunanya untuk buat dudukan.


2. Potong foam sesuai panjang x lebar (keliling lubang intipnya).

3. Tempel ke badan lubang intip dengan double tape (atau lem jg boleh)


Karena lensa kamera newbie (PS A710IS) agak besar, maka newbie double foamnya, supaya makin aman (tidak kena lensa, supaya lensa tidak rusak).


4. Kalu sudah jadi, bungkus bagian luarnya dengan selotip. Kebetulan newbie kehabisan selotip, jadi newbie gunakan seal PVC (yang biasa untuk bungkus sambungan pipa PVC).

Jadi deh ^^. mudah kan.
Untuk cara pemakaiannya masih maunal beroo. Pegang kamera Poket kalian di satu tangan, terus tangan yang satu lagi pegang dan taruh lensa lubang intip ini tepat di depan lensa kamera poket kalian. Setelah itu atur pelan-pelan sampai dapat gambar yang OK.

Memang sih Hasilnya kalah dibanding LOMO, apalagi lensa Fish-Eye SLR, tapi cukup OK kan buat gaya-gaya Foto kalian yang narsis :D


RUMAH / HOUSING UNTUK LENSA FISH-EYE

Setelah dipikir-pikir, ternyata capek juga pegangin lensanya terus kalau mau potret.
Coba deh bikin RUMAH untuk LENSA ini. Cekidot..!!

 1. Newbie gunakan botol obat kosong (yang kebetulan ada) 


2. Gunakan bagian atasnya (yang ada lehernya). Potong kira2 setengah badannya. 

3. Ukuran botolnya agak lebih besar dari lensa kamera poket newbie. Jadi supaya bisa 'grip', newbie lapisi bagian dalamnya dengan double tape. Kalau 1 lapis tidak cukup, tambah lapis ke-2, dst. 

4. Kebetulan ukuran lensa fish-eye ini cocok dengan mulut botol obat tsb. Kalau terlalu kecil, lakukan langkah nomor 3 di atas. Kalau terlalu besar, dikecilkan dengan cutter. Jadinya seperti ini: 

5. Begini kalau 'in-action' alias terpasang dan siap potret.... 

Nah, selesai deh. Cukup mudah kan ^^

Semoga ini bisa jadi ide creatif kalian beroo.
Sampai jumpa di posting berikutnya.

4 comments: